Selasa, 26 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-2

  1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi? 
  2. Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat ?
  3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan ? 
  4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan ? 
  5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal, bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan ?
  6. jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach ?
         "JAWAB" 

1. a. Modal
    b. Ide metode
    c. Tenaga kerja

2. a. Lokasi atau letak perusahaan berdasarkan sejarah.
    b. Lokasi atau letak perusahaan terikat pada alam.
    c. Lokasi atau letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
    d. Lokasi atau letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
    e. Lokasi atau letak perusahaan berdasakan hubungan/pergaulan Internasional.

3. a. Tujuan sosial : keinginan investor,karyawan,penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.
    b.Tujuan ekonomi : laba, pelanggan, pengembangan kebutuhan masyarakat dlm hal produk,kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan kegunaan, inovatif berkesinambungan, copetitive advantage dan comparative advantege.


4. Lingkungan eksternal:
• Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats),
• Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum.
   
   Lingkungan internal:
• Memiliki dua variabel yaitu kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness),
• Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.

5. a. Ekologi   : pencemaran udara,air,sampah
    b. Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
    c. Sosial      : kriminalitas,pengangguran
    d. Politik     : pertahanan keamanan

6. a.Producer oriented approach: Produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan  jasa ke pasar. 
    b. Consumer oriented approach: Konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar