Kamis, 04 November 2010

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 4

Nama : Pipo Legenda
NPM : 25210342
Kelas: 1eb18

1.Sebutkan perbedaan wiraswsta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta ?

Jawab :

-Wiraswasta adalah bidang usaha yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu .

-Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kemampuan yaitu berdiri diatas kekuatan sendiri ,mengambil resiko ,menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat ,berorientasi kerja keras , kreatif inovatif , motivasi berprestasi .

Unsur-unsurnya :
a.Pengetahuan
b.Keterampilan
c.Sikap mental
d.Kewaspadaan

2.Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia ?

Jawab :

Di Indonesia franchise dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa, KFC, Swensen dan Burger King. Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data Deperindag pada 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia. Setelah itu, usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadi krisis moneter. Para penerima waralaba asing terpaksa menutup usahanya karena nilai rupiah yang terperosok sangat dalam. Hingga 2000, franchise asing masih menunggu untuk masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi dan politik yang belum stabili ditandai dengan perseteruan para elit politik. Barulah pada 2003, usaha franchise di tanah air mengalami perkembangan yang sangat pesat.Perkembangan waralaba di Indonesia pada saat itu semakin hari bertambah subur, baik asing maupun lokal,seperti: Hoka-hoka Bento,papa ron’s pizza,KFC,Mc Donald’s dll .


3.Beri 5 contoh rill usaha franchising di bidang :
• Pendidikan
• Kesehatan
• Salon dan perawatan
• Makanan dalam negeri/local
• Otomotif

Jawab :

•Penidikan: ILP ,Teknos Genius ,New Concept , EF , LIA
•Kesehatan: Hip Hot ,Sinergi ,Apotik24 ,Ribel Gym
•Salon dan Perawatan: Zaza Salon Muslimah ,PT Trim Mustika Citra ,Mustika Ratu ,Pure Beauty Care ,VZ Skincare
•Makanan: KFC ,Mcd , Mr . Burger ,Hoka hoka bento ,dan Ayam Bakar Wong Solo .
•Otomotif : Clean 8 Presicion Carwash , Wadwax Auto Salon and Paint Protection ,Auto Bridal ,Y Cars , King Auto Interior


4.Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil dan contoh kasus yang nyata !
Jawab :

Kewirausahaan yaitu Pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang karena menciptakan dan mengoperasikan bisnis baru .

Bisnis Kecil yaitu bisnis yang dimiliki dan dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi pasarnya .

Contoh nyata :
Kasus nyata seorang pebisnis kecil menjadi wirausahaan yang sukses yaitu Made Ngurah Bagiana ,seorang merupakan orang yang patuh dicontoh ,karena dia merupakan orang yang percaya akan mimpi dan harapan ,tentunya disertai dengan kerja keras ,ia mengawali bisnisnya hanya dengan 2 gerobak . Kini ia memiliki 10 pabrik dan 2000 outlet Edam Burger yang tersebar di seluruh Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar