Sabtu, 16 April 2011

Tulisan Perekonomian Indonesia

Nama : Pipo Legenda
KELAS: 1EB18
NPM : 25210342

Kewirausahaan (entrepreneurship)

Kewirausahaan adalah tindakan menjadi seorang pengusaha, yang dapat didefinisikan sebagai "orang yang melakukan inovasi, keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah inovasi menjadi barang ekonomi". Hal ini dapat mengakibatkan organisasi baru atau mungkin menjadi bagian dari revitalisasi organisasi matang dalam menanggapi kesempatan yang dirasakan. Bentuk paling jelas dari kewirausahaan adalah bahwa untuk memulai usaha baru, namun, dalam beberapa tahun terakhir, istilah ini telah diperpanjang untuk memasukkan bentuk-bentuk sosial dan politik dari aktivitas kewirausahaan. Ketika kewirausahaan adalah penjelasan kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi besar ini disebut sebagai intra-preneurship dan mungkin termasuk perusahaan venturing, ketika entitas besar spin-off organisasi .

Menurut Paul Reynolds, kewirausahaan sarjana dan pencipta Global Entrepreneurship Monitor, "pada saat mereka mencapai masa pensiun mereka, setengah dari semua orang yang bekerja di Amerika Serikat mungkin memiliki masa kerja mandiri satu atau lebih tahun; satu di empat mungkin telah terlibat dalam diri kerja untuk enam tahun atau lebih yang berpartisipasi dalam penciptaan bisnis baru adalah kegiatan yang umum di antara pekerja AS selama karir mereka” Dan dalam beberapa tahun terakhir telah didokumentasikan oleh para ahli seperti David Audretsch menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa Barat.


kegiatan Wirausaha secara substansial berbeda tergantung pada jenis organisasi dan kreativitas yang terlibat. Kewirausahaan berkisar dalam skala dari proyek solo bahkan melibatkan pengusaha hanya paruh waktu untuk usaha utama menciptakan banyak lapangan kerja. Banyak kewirausahaan usaha mencari modal ventura atau dana malaikat (biji uang) dalam rangka meningkatkan modal untuk membangun bisnis. Angel investor umumnya mencari keuntungan tahunan sebesar 20-30% dan lebih, serta keterlibatan yang luas dalam bisnis. Banyak jenis organisasi sekarang ada untuk mendukung calon pengusaha termasuk instansi pemerintah khusus, inkubator bisnis, taman ilmu pengetahuan, dan beberapa LSM. Di masa yang lebih baru, istilah kewirausahaan telah diperpanjang untuk memasukkan unsur yang tidak terkait perlu untuk kegiatan usaha seperti pembentukan konseptualisasi kewirausahaan sebagai suatu pola pikir tertentu dimana pola pikir tersebut menghasilkan inisiatif kewirausahaan misalnya dalam bentuk kewirausahaan sosial, kewirausahaan politik, atau pengetahuan kewirausahaan telah muncul.

Pengusaha adalah faktor dalam ekonomi mikro, dan studi tentang kewirausahaan mencapai kembali karya Richard Cantillon dan Adam Smith pada akhir abad 17 dan awal 18, tapi diabaikan secara teoritis sampai akhir abad ke-20 ke-19 dan awal dan empiris sampai mendalam kebangkitan dalam bisnis dan ekonomi dalam 40 tahun terakhir. Donald Trump adalah salah satu contohnya.

Pada abad ke-20, pemahaman kewirausahaan berutang banyak pada karya ekonom Joseph Schumpeter pada tahun 1930 dan ekonom Austria lain seperti Carl Menger, Ludwig von Mises dan Friedrich von Hayek. Dalam Schumpeter, seorang entrepreneur adalah orang yang bersedia dan mampu mengkonversi ide baru atau penemuan menjadi inovasi yang sukses. Menurut Schumpeter, kewirausahaan bekerja untuk menggantikan seluruh atau sebagian inovasi lebih rendah di seluruh pasar dan industri, sekaligus menciptakan produk baru termasuk model bisnis baru. Dengan cara ini, destruksi kreatif sebagian besar bertanggung jawab atas dinamika industri dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Untuk Schumpeter, kewirausahaan menghasilkan industri-industri baru, tetapi juga di kombinasi baru dari input yang ada saat ini. contoh awal Schumpeter ini adalah kombinasi dari mesin uap dan kereta saat itu membuat teknologi untuk menghasilkan yg tdk mempunyai kuda kereta. Dalam hal ini inovasi, mobil, adalah transformasional tapi tidak membutuhkan pengembangan teknologi baru, hanya penerapan teknologi yang sudah ada dengan cara baru. Hal itu tidak segera mengganti, horsedrawn kereta, tetapi dalam waktu tambahan perbaikan yang mengurangi biaya dan meningkatkan teknologi menyebabkan penggantian praktis lengkap kendaraan binatang ditarik transportasi modern. Meskipun kontribusi Schumpeter awal abad ke-20, teori mikroekonomi tradisional tidak mempertimbangkan secara formal pengusaha dalam kerangka teoretis (bukan asumsi bahwa sumber daya akan menemukan satu sama lain melalui sistem harga). Dalam pengobatan ini pengusaha adalah aktor tersirat tapi tidak ditentukan, tetapi konsisten dengan konsep pengusaha menjadi agen x-efisiensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar