Senin, 09 April 2012

KASUS ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI TK_2

Nama : Pipo Legenda
Npm : 25210342
Kelas: 2EB18

"Lebih Baik Naikkan BBM Ketimbang Batasi BBM Subsidi"
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyatakan lebih baik menaikkan bahan bakar minyak (BBM) daripada membatasi BBM bersubsidi.

"Karena untuk membatasi BBM bersubsidi lebih ribet mekanismenya, seperti harus menyeleksi mana yang boleh menikmati BBM bersubsidi dan tidak boleh menikmati BBM besubsidi. Lebih baik menaikkan BBM Rp200-Rp300-an saja daripada harus membatasi pemakaian BBM bersubsidi," katanya.

Ini dikatakan Sofjan karena nantinya dana yang dikeluarkan untuk mempersiapkan pembatasan BBM bersubsidi tersebut akan lebih besar dari jumlah pengeluaran untuk subsidi tersebut.

"Kenaikan BBM tersebut untuk Apindo sendiri lebih meringankan daripada dengan menggunakan Pertamax yang kenaikannya jauh sekali," tegasnya.

Menurutnya, Apindo sendiri harus melakukan hitung-hitungan kenaikan ongkos bagi karyawan yang naik mobil, di mana dulunya biasa menikmati BBM bersubsidi sekarang menggunakan BBM nonsubsidi. "Serta harus perhitungan lagi ongkos pengiriman logistik," ujarnya.

Ditambahkannya, pembatasan BBM bersubsidi ini nantinya hanya akan memberatkan Hiswana Migas saja, karena akan adanya pengawasan yang lebih ekstra.

"Pengawasan terhadap Hiswana Migas perlu diperketat agar tidak ada tindakan yang merugikan kami, jika beban yang musti bayar kita, nanti kita bebankan lagi ke konsumen," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar